Pengaruh Ph Tanah Terhadap Daya Serap Pupuk

- November 02, 2017

Pengaruh Ph Tanah Terhadap Daya Serap Pupuk

 

--www.k-bioboost.blogspot.co.id-- Pernah makan soto ataupun sate paling enak di dunia, namun makannya di ruangan kotor, berantakan serta bau? Tentu selera makan kita langsung berkurang bukan? Kira-kira semisal itulah ilustrasi yng menggambarkan peran pH tanah terhadap daya serap pupuk.
Kondisi tanah yang dengannya pH netral sekitar 6-7 adalah kondisi ideal bagi tanaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyerap pupuk ataupun nutrisi yang dengannya optimal. Sedangkan kondisi pH tanah dibawah ataupun diatas netral memicu daya serap pupuk menjadi rendah.
Walaupun pupuk yng diberikan yang dengannya dosis tinggi serta jenis paling tidak murah sekalipun, andai pH tanahnya diluar standar maka pupuk yng diberikan tak akan terserap optimal.
pH tanah adalah kondisi asam serta basa tanah, nilainya 0-14. pH netral nilainya 6-7, dikatakan asam andai nilainya dibawah 6-7 serta dikatakan basa ataupun alkalis andai nilainya diatas 6-7. Makin tinggi kandungan ion hidrogen (H+) akan memicu tingkat keasaman tanah menjadi makin rendah ataupun tanah menjadi makin asam.
Misalnya, pada tanah asam umumnya didapati kandungan Al (alumunium) yng Amat gampang mengikat unsur P (phosfor). Andai kita memberikan pupuk P pada tanah asam yang dengannya kandungan Al tinggi, maka yng berlangsung merupakan pupuk P akan diikat oleh Al yang telah di sebutkan, menjadikan unsur P lebih memilih tetap tinggal ditanah daripada ikut terserap tanaman. Akibatnya tanaman akan kekurangan unsur P.
Alat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur pH disebut pH meter. Alat ini umumnya mampu dibeli dikios pertanian yng menjual sarana produksi. Mengingat begitu pentinganya peran pH tanah, seharusnya petani mulai mengukur PH tanah masing-masing.
Andai suatu waktu tanaman tak tumbuh yang dengannya baik, maka mampu dicari penyebabnya. Apakah dari faktor tanah, pupuk, benih, pengairan, cuaca dll. Lantaran mampu jadi penyebabnya merupakan faktor tanah yng mulai asam. Setiap tanaman memiliki kepekaan terhadap pH yng berbeda. Ada tanaman yng Perlu berada pada tanah yang dengannya pH netral bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh optimal, akan tetapi ada juga yng masih mampu bertahan di pH agak asam.
Selain itu, butuh kita ketahui bahwasanya mikroorganisme penyubur tanah mampu tumbuh baik pada pH netral ataupun diatas 5.5 sedangkan sebaliknya jamur yng merugikan mampu tumbuh baik pada pH dibawah 5.5. Pengertiannya pH tanah netral Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi keseimbangan kesuburan tanah yng dibutuhkan tanaman.
Kemudian bagaimana tips membuat tanah yng asam menjadi netral kembali ?
Tatacaranya gampang, yakni yang dengannya mempergunakan Produk Asam Humat,

6 FUNGSI UTAMA BRAVO HUMAT :
1. MENETRALKAN Ph TANAH
2. MENGOPTIMALKAN STRUKTUR DAN KONDISI TANAH
3. MENGIKAT LOGAM BERAT
4. MENINGKATKAN KEMAMPUAN TANAH MENAHAN/MENGIKAT AIR
5. MENGEFEKTIFKAN DAN MENGEFESIENSIKAN PENGGUNAAN PUPUK
6. MENINGKATKAN PRODUKTIFITAS TANAMAN.
CARA APLIKASI :
Encerkan 1 liter asam humat yang dengannya 100-150 liter air
Dosis 4-6 liter per hektar
Waktu Software 6 hari sebelum tanam
Siramkan ataupun semprotkan pada permukaan tanah seusai olah tanah
bisa di campur yang dengannya pupuk organik, kompos ataupun sangkar.
info pemesanan hub :
Bpk. Rusli WA/TA/Line (085645453971) pin BB : 5BEEDD19

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/07/pengaruh-ph-tanah-terhadap-daya-serap.html.

Seputar Pengaruh Ph Tanah Terhadap Daya Serap Pupuk

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengaruh Ph Tanah Terhadap Daya Serap Pupuk