Budidaya Kentang Budidaya Tanaman Kentang Dan Cara Menanam Kentang

- Januari 21, 2018

Budidaya Kentang Budidaya Tanaman Kentang Dan Cara Menanam Kentang

 
Budidaya tanaman kentang dan tips menanam kentang percis halnya semisal budidaya tanaman sayuran yng lain-lainnya, dimana dalam langkah-langkahnya kita butuh mengetahui karakter tanaman yang telah di sebutkan sebelum mengawali membudidayakannya.
Ada beberapa faktor yng Perlu diketahui dalam melakukan budidaya kentang ataupun tips menanam kentang lantaran faktor-faktor ini akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman kentang. Faktor-faktor yang telah di sebutkan diantaranya: iklim, tinggi-rendahnya letak geografis, kesuburan tanah, hama dan pathogen dan tumbuhan pengganggu.
Iklim
Tanaman kentang berasal dari daerah subtropika, menghendaki iklim yng khusus, yakni daerah yng mempunyai suhu udara dingin dan lembap. Akan tetapi demikian, sinar matahari pula dibutuhkan oleh tanaman kentang.
Lantaran tanaman kentang Amat peka terhadap air maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengawali penanaman kentang sebaiknya diawali pada akhir musim hujan. Tanaman kentang pula Amat peka terhadap kelembapan dalam tanah, kalau perubahan kelembapan dalam tanah terlalu tinggi maka pengaruhnya akan berdampak pada pertumbuhan umbi yng tak normal (bentuknya bercabang-cabang).
Waktu tanam kentang yng baik merupakan pada akhir musim hujan (sekitar bulan April ataupun Mei), akan tetapi andaikan ingin menanam pada awal musim hujan (sekitar bulan Oktober ataupun November) diusahakan pada waktu musim turun hujan usia tanaman kentang telah berumur dua bulan dan umbinya telah cukup besar. Begitupun yang dengannya angin yng kencang tak baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan tanaman kentang, lantaran batang tanaman kentang tak kuat menjadikan gampang patah ataupun roboh andaikan di kenai angin yng kencang.
Tinggi-rendahnya Letak Geografis
Tanaman kentang bisa tumbuh yang dengannya baik di dataran tinggi, yaitu lebih dari 500 meter di atas permukaan air laut. Yng paling ideal, kentang ditanam dalam ketinggian antara 1000-3000 meter di atas permukaan laut. Tinggi-rendahnya suatu tempat umumnya berhubungan yang dengannya suhu udara dan kelembapan udara. Perbedaan kelembapan dan suhu udara Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan tanaman kentang.
Budidaya, kentang, cara menanam, tanaman kentang
Kesuburan Tanah
Kesuburan tanah memegang peranan tyang Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman kentang. Selain menjadi penyangga akar, tanah pula berfungsi menjadi penyedia air, zat-zat hara, dan udara bagi pernafasan akar tanaman.
Tanah yyang subur mampu mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Factor-faktor yng menyuburkan tanah merupakan kandungan air, bahan organic, batuan induk,suhu, organism tanah, keasaman tanah, struktur dan tekstur tanah dan kelengkapan dan ketersediaan zat-zat hara.
Kentang cocok ditanam pada tanah yng gembur, tidak sedikit memiliki kandungan humus, tidak banyak berpasir, tidak banyak memiliki kandungan air. Tanaman kentang akan tumbuh ideal pada tanah yng mempunyai kesamaan tanah (pH) antara 5-5,5.
  • Gembur

Kegemburan tanah Amat dikehendaki bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu perkembangan akar tanaman kentang dalam membentuk umbi yng sempurna menjadikan bermutu tinggi.
  • Tidak sedikit memiliki kandungan humus
Tanah yng tidak sedikit memiliki kandungan humus mampu mempercepat pertumbuhan tanaman, lantaran menyimpan zat-zat makanan dalam jumlah yng cukup. Zat-zat makanan Amat diharapkan bagi tanaman kentang menjadikan bisa tumbuh subur dan menghasilkan umbi yng besar dan sehat.
  • Tidak banyak berpasir
Tanah yng tidak banyak berpasir mampu menumbuhkan kentang yng berkarbohidrat tinggi dan rasanya menjadi lebih lezat.
  • Tidak banyak memiliki kandungan air
Tanaman kentang tak tahan terhadap air yng tidak sedikit, terlebih-lebih air yng menggenang. Air yng berlebihan membuat tanaman kentang terserang penyakit kayu.
Biotik
Selai factor-faktor abiotik, yakni iklim dan tanah, yng butuh diperhatikan pula merupakan factor biotic. Hama, pathogen, dan gulma merupakan factor biotic yng Suka menggagalkan panen kentang.
Cara Menanam Kentang
Hal-hal yng butuh dikerjakan dalam bercocok tanam kentang merupakan: pengolahan dan penggarapan tanah, pembibitan, penanaman, penyiraman, pendangiran dan penyiangan dan pembumbunan.
Pengolahan dan Penggarapan Tanah
Tanah yng akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam kentang Perlu diolah sebaik barangkali. Dalam pengolahan tanah, yng butuh di lakukan merupakan:
Mencangkul tanah
Menggemburkan tanah
Membuat bedengan
Membuat saluran air
Meratakan tanah
  • Mencangkul tanah
Tanah Perlu dicangkul sedalam 30-40 cm. seusai dicangkul, tanah dibiarkan beberapa hari supaya mendapatkan sinar matahari menjadikan peredaran udara lancer dan hama dan bakteri mampu terbunuh.
  • Menggemburkan tanah
seusai dicangkul, tanah Perlu dilembutkan dan digemburkan. Tanaman kentang cuma mampu tumbuh yang dengannya baik pada tanah yng gembur sekali. Dalam tanah yng gembur, akar kentang menjadi asal terjadinya umbi mampu berkembang secara maksimal. Tanah yng tidak lebih gembur bisa menghambat proses terjadinya umubi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggemburkan tanah bisa dipakai cangkul berukuran tengah ataupun garu.
  • Membuat bedengan
Bedengan butuh dibuat menjadi tempat penanaman kentang. Bedengan mampu membuat mudah petani bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara tanaman kentang. Yang dengannya bedengan, tanaman kentang tak akan tergenang air andai hujan turun.
Bedengan sebaiknya dibuat membujur kea rah barat-timur. Lebarnya lebih tidak lebih 70 cm (bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu jalur tanaman) ataupun 140 cm (bagi atau bisa juga dikatakan untuk dua jalur tanaman). Panjangnya disesuaikan kondisi tanah. Tinggi bedengan lebih tidak lebih 15 cm. parit bedengan lebarnya lebih tidak lebih 25 cm.
Parit-parit bedengan selain berfungsi menjadi jalan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merwat tanaman, pula menjadi saluran air. Oleh lantaran itu, parit-parit bedengan ini dibuat sedemikian rupa supaya air bisa mengalir lancer bila turun hujan.
  • Membuatsaluran air
Saluran air dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuangan dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengalirkan air. Hal ini dimaksudkan supaya air tak menggenang di parit-parit bedengan.
Tanaman kentang Amat peka terhadap air, terlebih-lebih sejak penanaman hingga berumur dua bulan. Akar tanaman kentang yng tergenang air akan membusuk, lantas tanaman kentang pun layu.
  • Mertakan tanah
Proses mertakan tanah ini butuh di lakukan supaya permukaan bedengan rata ataupun datar dan tak terdapat bongkahan-bongkahan tanah lagi.
Pembibitan
Bibit Amat menentukan keberhasialan penanaman. Bibit yng baik mungkin besar akan membuahkan keberhasilan penanaman. Sebaliknya, bibit yng tidak lebih tidak jelek alias bagus pasti hasil nya akan mengecewakan.
Kentang ditanam melalui umbinya langsung pada lahan tanpa melalui proses persemaian berlebi dahulu. Jauh sebelum penanaman, bibit-bibit Perlu dipersiapkan berlebi dahulu. Pilihlah umbi-umbi kentang yng baik, besar, dan tak tidak sedikit matanya.
Umbi yng kecil tidak boleh dipergunakan menjadi bibit, karena matanya tidak lebih kuat dan persediaan makanan cuma tidak banyak menjadikan tunas yng tumbuh telah mati. Selain itu, umbi yng kecil ada mungkin berasal dari umbi yng sakit. Umbi yng besar mampu dibelah menjadi dua.
Simpanlah bibit kentang di tempat yng kering dan berhawa segar. Penyimpanan di dalam bakul, lakukan di atas asap, ini berlangsung tidak lebih lebih tiga bulan.
Penanaman
Lantaran tanaman kentang tak memerlukan persemaian, maka seusai memilih bibit yng baik dan disimpan yang dengannya cermat, maka lantas akan muncul titik-titik tumbuh. Hal ini menjadi membuktikan bahwasanya bibit telah mampu ditanam. Bibit mampu langsung ditanam ditempat yng sudah dipersiapkan.
Yng Perlu dikerjsakan berlebi dahulu dalam penanaman, yakni membuat lubang-lubang tanaman berupa alur-alur silang. Lantas, pada titik pertemuan sialang itulah nantinya bibit kentang ditanam.
Supaya pertumbuhan tanaman bisa sempurna, maka jarak tanaman Perlu diatur menjadi berikut:
  • Jarak antara baris 50-65 cm
  • Jarak tanam di dalam baris 30-40 cm
  • Dalamnya tanaman masuk ke tanah 5-10 cm
Pada tanah berat, bibit ditanam lebih dangkal. Demikian juga pada musim penghujan, bibit ditanam lebih dangkal supaya tak tidak sedikit terendam air. Akan tetapi, sebaliknbya, pada musim kemarau bibit kentang ditanam lebih dalam supaya tak mengalami kekeringan.
Dalam proses penanaman, tiap-tiap lubang tanaman diberi pupuk sangkar sebanyk 0,5 kg. dalam satu hektar tanaman kentang diharapkan pupuk sangkar 20-30 ton.
Letakkanlah bibit-bibit kentang di atas pupuk sangkar yang dengannya kedalaman 7,5-12,5 cm. Usahakan supaya tunas-tunasnya menghadap ke atas. Pada sebelah kanan dan kirinya, berilah pupuk DS dan ZA sejauh tidak lebih lebih 5 cm dari bibit, yakni disebelah kanan diberi pupuk DS sebanyk kira-kira 16 gram dan di sebelah kiri diberi pupuk ZA sebanyk lebih tidak lebih 16 gram pula. Lantas, tutplah lubang-lubang tanam yang dengannya tanah. Dalam satu hektar tanaman kentang diharapkan lebih tidak lebih 80-900 kg DS dan ZA.
Yang dengannya lahan seluas satu hektar diharapkan bibit kentang sebanyk 1200-1500 kg yng berat tiap umbinya antara 30-40 gram.
Sesudah lebih tidak lebih 10-12 hari lantas, maka bibit kentang mulai tumbuh rata di atas tanah.
Penanaman kentang pula mampu di lakukan tanpa membuat bedengan, yaitu langsung di atas tanah yng tersedia. Langkah-langkah yng butuh di lakukan:
  • Mula-mula tanah digemburkan dan diratakan berlebi dahulu. Lantas, buatlah lubang tanaman semisal di atas. Lantas, tanamlah bibit kentang pada lubang-lubang yng sudah disiapkan.
  • Sesudah bibit ditanam, lantas tanah di bagian kanan dan kiri barisan tanaman ditimbunkan pada bibit yng baru ditanam menjadikan membentuk gundukan tanah yng memanjang.
Lebar parit-parit anttara gundukan tanah percis semisal parit-parit bedengan, lebih tidak lebih 25 cm, dan tinggi kira-kira 15 cm.
Penyiraman
Tanaman kentang idak menghendaki kekeringan, walaupun Amat peka terhadap air yng berlebihan, lebih-lebih air yng menggenang. Andai terlalu kering, maka suhu tanah akan menjadi panas dan kelembabannya turun. Umbi kentang memerlukan suhu dingin yang dengannya kelembaban yng tinggi. Pada tanah yng suhu dan kelembabannya tak stabil, tanaman kentang akan menghasilkan umbi yng bentuknya tak menarik dan benjol-benjol.
Penyiraman kentang Perlu diperhatikan, lebih-lebih bila tak turun hujan. Apalagi pada musim kemarau.
Pendangiran dan Penyiangan
Sesudah tanaman kentang berumur kira-kira satu bulan, maka butuh di lakukan pendangiran. Yaitu, tanah disekitar tanaman butuh digemburkan supaya peredara udara menjadi lancer. Yang dengannya demikian, pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik,. Rumput-rumput yng ada di sekeliling tanaman pula butuh dibersihkan supaya tak mengganggu pertumbuhan tanaman kentang.
Proses penggemburan pula disertai yang dengannya peniggian gundukan tanah ataupun bedengan supaya umbi tanaman selalu terkubur. Umbi kentang yng tak tertutup tanah akan berwarna hijau dan kualitasnya rendah.
Pembumbunan
Sesudah tanaman kentang berumur 3-4 minggu, maka butuh di lakukan pembumbunan, yaitu proses peninggian tanah. Pembumbunan akan memberikan keuntungan bagi tanaman, antara lain:
  • Akan merangsang pembentukan akar baru menjadikan umbi kentang yng diperoleh mampu makin tidak sedikit.
  • Membantu perkembangan umbi
  • Memperkokoh berdirinya batang
Akan tetapi, butuh diperhatikan bahwasanya pembumbunan yng di lakukan tak boleh terlalu tinggi lantaran mampu mengganggu pernapasan tanaman kentang di dalam tanah.
Yang dengannya mengetahui langkah-langkah budidaya kentang dan tips menanam kentang yng baik, mudah-mudahan bisa mengurangi resiko kegagalan dalam melakukan pembudidayaan kentang ini, selamat berupaya.Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui Hama dan penyakit pada kentang akan di bahas pada postingan selanjutnya.
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2012/12/Budidaya-Kentang-Budidaya-Tanaman-Kentang-dan-Cara-Menanam-Kentang.html.

Seputar Budidaya Kentang Budidaya Tanaman Kentang Dan Cara Menanam Kentang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Kentang Budidaya Tanaman Kentang Dan Cara Menanam Kentang