Cara Penanaman Pohon Duku

- Januari 20, 2018

Cara Penanaman Pohon Duku

 

Pohon duku biasanya di tanam di pekarangan, namun Suka juga ditanam tumpang sari di bawah pohon kelapa (di Filipina) ataupun ditumpang sarikan yang dengannya tanaman lain semisal pohon manggis dandurian (di Indonesia serta Thailand). Jarak tanam yng dianjurkan Amat bervariasi dari jarak 8x8 m (kira-kira 150 pohon/ha, di Philipina) hingga jarak 12x12 m bagi atau bisa juga dikatakan untuk tipe longkong yng tajuknya memencar di Thailand bagian selatan (50-60 pohon/hektar). Jarak tanam ini ditentukan yang dengannya memperhatikan adanya pohon-pohon pendampingnya.
Variasi jarak tanam yng lain merupakan ukuran 7x8 m, 8x9 m, 9x9 m, 9x10 m. Akan tetapi hal yng butuh diperhatikan merupakan jarak tanam Perlu cukup lebar, lantaran andai tanamannya telah dewasa tajuknya butuh ruangan yng cukup luas. Satu dari sekian banyaknya variasi yang telah di sebutkan bisa diterapkan bergantung kondisi tanah lebih-lebih tingkat kesuburannya. Semisalnya diterapkan jarak tanam 10x10 m, berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk lahan yng luasnya satu hektar akan bisa ditanami bibit duku sebanyk 100 pohon.
Seusai jarak tanam ditentukan, maka langkah selanjutnya merupakan pembuatan lubang tanam. Waktu yng paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat lubang tanam merupakan sekitar 1- 2 bulan sebelum penanaman bibit. Lubang tanam minimal yng dibuat merupakan berukuran 0,6 x 0,6 x 0,6 meter. Akan tetapi akan lebih baik andaikan ukurannya lebih besar yakni 0,8 x 0,8 x 0,7 meter. Andai bibit duku yng akan ditanam berakar panjang (bibit dari biji), maka lubang yng dibuat Perlu lebih dalam. Akan tetapi andai bibit duku berakar pendek (bibit hasil cangkok), penggalian lubang diusahakan lebih lebar serta lebih luas.
Penanaman bibit pohon duku sebaiknya menunggu hingga tanah galian memadat ataupun tampak turun dari permukaan tanah sekitarnya. Sebelum penanaman di lakukan, maka tanah pada lubang tanam digali berlebi dahulu yang dengannya ukuran kira-kira sebesar kantung yng dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membungkus bibit. Seusai itu pembungkus bibit dibuka serta tanaman dimasukkan dlam lubang tanam. Hal yng butuh diperhatikan merupakan posisi akar tak boleh terbelit menjadikan nantinya tak mengganggu proses pertumbuhan. Pada tatkala penanaman bibit, kondisi tanah Perlu basah/disiram dahulu.
Penanaman bibit duku jangan terlalu dangkal. Selain itu permukaan tanah yng dibawa oleh bibit dari kantung pembungkus Perlu tetap terlihat. Seusai bibit tanam, maka tanah yng ada disekitarnya dipadatkan serta disiram yang dengannya air secukupnya. Disekitar permukaan atas lubang tanam bisa diberi bonggol pisang, jerami, ataupun rumput-rumputan kering bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi kelembaban serta menghindari pengerasan tanah
Sumber: http://tabulampot-ok.blogspot.com/

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/04/cara-penanama-pohon-duku.html.

Seputar Cara Penanaman Pohon Duku

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Penanaman Pohon Duku