Perbedaan Bunga Kelapa Sawit Jantan Dan Betina

- Januari 15, 2018

Perbedaan Bunga Kelapa Sawit Jantan Dan Betina

 

PERBEDAAN BUNGA KELAPA SAWIT JANTAN DAN BETINA


Apakah perbedaan antara bunga kelapa sawit jantan serta betina..?Tahukah kamu, kelapa sawit merupakan satu dari sekian banyaknya tumbuhan monoecius.Pengertiannya kelapa sawit mempunyai bunga jantan serta bunga betina yng terpisah, namun masih dalam satu pohon.Pada biasanya, kelapa sawit akan berbunga disaat usianya menginjak 12-14 bulan terhitung sejak penanaman bibit di lahan. Satu ciri bunga berjenis kelamin jantan ataupun betina akan tumbuh dari setiap ketiak pelepah daun pohon kelapa sawit.Tak seluruh bunga kelapa sawit akan berkembang menjadi buah, melainkan sebagiannya bakal gugur disaat sebelum ataupun seusai anthesis/receptive.Jenis kelamin bunga kelapa sawit baru mampu diketahui tatkala bunga telah tumbuh menonjol di antara ketiak pelepah daun serta sebelum seludang bunga terbuka.
Yang akan di sajikan kali ini perbedaan-perbedaan bunga jantan serta bunga betina pada kelapa sawit :
Bunga JantanKarakteristik bunga kelapa sawit yng berjenis kelamin jantan merupakan mempunyai bentuk yng ramping memanjang.Ujung kelopak bunganya pun agak meruncing.Yng paling menonjol yakni diameter bunga jantan lebih kecil daripada bunga betina.Sedangkan tangkai bunga jantan berukuran lebih panjang ketimbang bunga betina, yang dengannya bentuk tangkai yng lonjong. Tandan bunga jantan terbungkus oleh seludang bunga di mana akan pecah menjelang waktu anthesis. Setiap tandan bunga mempunyai 100-250 spikelet yng panjangnya sekitar 10-20 cm serta diameternya berkisar 1-1,5 cm.Masing-masing spikelet ini berisi antara 500-1500 kuntum bunga penghasil tepung sari.Bunga kelapa sawit jantan akan mekar dalam waktu 2-4 hari dimulai dari bagian bawah spikelet.Setiap bunganya memiliki kandungan sampai-sampai jutaan tepung sari serta berbobot 40-60 gram. Bunga jantan yng tengah dalam masa anthesis akan mengeluarkan bau wangi yng semerbak.Selanjutnya tepungsari akan mati seusai berumur 3-4 hari dari masa anthesis.Bunga BetinaBunga kelapa sawit yng berjenis kelamin betina mempunyai kekhasan pada bentuknya yng oval membulat. Ujung kelopak bunganya pun tampak agak rata. Diameter bunga kelapa sawit betina lebih besar dibandingkan yang dengannya bunga pejantan.Bunga betina memiliki tandan bunga yng terbungkus oleh seludang bunga.Seludang ini akan pecah disaat 15-30 hari sebelum receptive. Setiap ciri bunga betina memiliki kandungan 100-200 spikelet, dimana masing-masing spikelet memiliki 15-20 kuntum bunga betina. Kuntum bunga yng mempunyai putik ini dia yng nantinya akan diserbuki oleh tepung sari dari bunga jantan.Masa receptive pada bunga kelapa sawit betina ditandai yang dengannya bunga yng mekar dimulai dari spikelet. Putik bunga berwarna krem serta akan memiliki kandungan cairan berkelir putih kekuningan seusai merekah. Bunga yng beraroma wangi semerbak pengertiannya siap mendapatkan tepung sari bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyerbukan.Di sayangkan, waktu mekar bunga jantan serta bunga betina pada satu pohon kelapa sawit ini berbeda. Menjadikan kecil kemungkinannya berlangsung penyerbukan per pohon, melainkan lebih tidak sedikit pembuahan secara silang antar-pohon. Proses penyerbukan bunga secara alami di lakukan oleh angin serta serangga.Mengetahui perbedaan bunga kelapa sawit jantan serta betina Amat dibutuhkan dalam budidaya kelapa sawit.Tujuannya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memahami jenis kelamin bunga yang telah di sebutkan menjadikan petani mampu membantu proses pembuahan bunga yang dengannya benar.
Butuh diketahui, setiap pohon kelapa sawit biasanya bisa menumbuhkan 15-25 tandan bunga per tahun yng bisa atau mampu menghasilkan 600-2000 buah kelapa sawit.
Mudah-mudahan memberikan manfaat...

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2017/01/perbedaan-bunga-kelapa-sawit-jantan-dan.html.

Seputar Perbedaan Bunga Kelapa Sawit Jantan Dan Betina

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perbedaan Bunga Kelapa Sawit Jantan Dan Betina