Sumber Protein Ternak Dari Tanaman Kaliandra

- Februari 06, 2018

Sumber Protein Ternak Dari Tanaman Kaliandra

 
Kaliandra (Calliandra Calothyrsus) masuk ke Indonesia. Pada tahun 1936 dari Guetamala. Pada tahun 1974 Perum Perhutani memyebarkan benih ke aneka macam desa diwilayah Jawa. Dalam waktu yng singkat,kaliandra di tanam secara luas oleh penduduk desa menjadi kayu bakar serta perbaikan tanah.
Kaliandra pula menjadi pakan ternak, lebah madu, pupuk hijau, mencegak erosi dalam bentuk tanaman, serta menjadi pelindung tanaman kopi ataupun pesemaian dan kayu bakar.
Penelitian yng di lakukan oleh Balai Penelitian menunjukan bahwasanya kaliandra bisa diberikan dalam bentuk segar ataupun silage. Akan tetapi pemberian kaliandra dalam bentuk layu ataupun sudah di lakukan pengeringan nilai nutrisinya turun secara dratis lebih-lebih kecernaan protein.
Pemberian kaliandra dicampur yang dengannya legum lain yng tak memiliki kandungan tanin telah dicobakan pada sapi serta hasil nya bisa memperbaiki performans reproduksi (calon bibit) serta produksi susu. Pemberian kaliandra dalam bentuk segar tak ada masalah yang dengannya palatabilitas serta pengaruh keracunan dan pengaruh negatif lain-lainnya (Elizabeth serta Tangendaja, 2000).
Oleh karena itu Amat penting di lakukan penanaman kalindra dalam jumlah luas pada daerah-daerah terbuka ataupun terlantar supaya kaliandra bisa ditingkatkan pemanfaatannya.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/04/sumber-protein-ternak-dari-tanaman.html.



Seputar Sumber Protein Ternak Dari Tanaman Kaliandra

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sumber Protein Ternak Dari Tanaman Kaliandra