Cara Budidaya Tanaman Aren Tanpa Luak

- Februari 06, 2018

Cara Budidaya Tanaman Aren Tanpa Luak

 
Dalam proses budidaya aren ada beberapa hal yng butuh diperhatikan agar bisa hasil dari budidaya aren yang telah di sebutkan memperoleh hasil yng maksimal.
Pada prisifnya langkah-langkah budidaya aren percis halnya yang dengannya proses budidaya pada tanaman lain-lainnya,
budidaya aren, pohon aren, tanaman aren, cara menanam pohon aren, budidaya pohon aren;
Cuma yng membedakan adalah ukuran ataupun batasan-batasan yng disesuaikan yang dengannya “keinginan” dari tanaman yng akan kita budidayakan.
Agar bisa tanaman aren yng akan kita budidayakan maksimal, di bawah ini ada batasan ataupun peraturan yng dimau-kan oleh tanaman aren supya tanaman aren tumbuh berkembang yang dengannya baik.
Tanah serta Air Yng Cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk Tanaman Aren
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ketinggian tanah yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman aren adalah 500-1200 m di atas permukaan laut. Umumnya pada pososo ketinggian yang telah di sebutkan tak akan kekurangan air serta mungkin bagi atau bisa juga dikatakan untuk tergenangpun rendah kemungkinannya.
Di beberapa daerah di wilayah Indonesia semisal, Sumatera, Jawa, Sulawesi, serta pulau-pulau kecil lain-lainnya. Tidak sedikit didapati pohon aren tumbuh yang dengannya baik pada lereng-lereng gunung ataupun tepian lembah sungai.
Tanah yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh pohon aren Perlu jenis tanah yng cukup sarang (gampang meneruskan lebihan air), semisal tanah beranjangan yng gembur, tanah vulkanis di lereng gunung, serta tanah liat berpasir di sepanjang tepian sungai.
Iklim serta Curah Hujan Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Tanaman Aren
Meskipun kebanykan pohon aren Suka tumbuh di pegunungan, namun sebaiknya suhu yng diberada pada lingkungannya Perlu suhu udara yng tinggi.
Bukan suhu dingin pegunungan. Paling tidak banyak suhu udara itu rata-rata 25°C. Kalaupun serendah di bawah 20°C, semisal misalnya yng berlangsung di pegunungan setinggi 1500 m dpl. pada waktu malam, pohon aren masih mampu hidup , namun kemampuan berbuah jadi lamban.
Faktor curah hujan pula Amat berpengaruh bagi tanaman aren, curah hujan yng merata sepajang tahun Amat disukai oleh tanaman aren.
Ataupun yng hujannya jatuh selama 7-10 bulan dalam setahun. Daerah hujan semacam ini kebanykan berada di lereng gunung.
Air hujan ini tak memberi pengaruh aren secara langsung, melainkan lebih berpengaruh terhadap kelembapan tanah tempat tumbuhnya.
Lahan yng Baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk Tanaman Aren
Pohon aren akan didapati hasil nya sesudah tidak lebih lebih berumur 8-10 tahun, yang dengannya kondisi pertumbuhan yng memakan waktu semisal itu maka sebaiknya pemilihan lahan Perlu betul-betul diperhatikan.
Didasari syarat tumbuh tanaman aren mengenai tanah, suhu udara, curah hujan yng tidi sudah diketahui, maka lahan yng mampu dipiih bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun perkebunan aren sebaiknya terdapat atau terletak di dekat lembah sungai.
Pembibitan Tanaman Aren
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit aren dalam jumlah besar, hingga ratusan, terang kita tak mampu mengandalkan bantuan luak saja.
Pembibitan aren akan memuaskan, kalau yng dipakai menjadi sumber benih itu buah-buah yng masak pohon saja.
Buah masak ini ini berwarna kuning serta kulitnya lunak. Buah semacam ini Perlu kita kuliti.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk persemaian, kita mampu genakan baki dari plastik akan tetapi Perlu yng mempunyai tinggi tepian 20 cm agar bisa baki mampu diisi pasir setebal 15 cm. idealnya ukuran baki persegi panjang ini boleh 60 X 80 cm.
Kalau baki plastik tak ada mampu mempergunakan bak persemaian dari kayu ataupun membuat bak semen (tembok).
Para-para persemaian Perlu dinaungi atap peneduh terhadap sengatan matahari terik. Atap ini Perlu mempunyai ketinggian yng cukup agar bisa peredaran udara bisa leluasa serta serta cahaya matahari pagi dari timur masih mampu masuk.
Media tanam bibit sebaiknya berupa pasir kali yng bersih, yng sebelumnya telah direbus dalam drum bersih berisi air bersih, hingga mendidih.
Yang dengannya tujuan supaya pasir ini bebas kuman serta bersih dari hama. Pasir yng telah dingin lantas disusun dalam bak pesemaian setebal 15 cm.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih terang bagasimana tahapan lebih rincinya Kamu mampu membaca buku yng berjudul BERTANA AREN, yng ditulis oleh Slamet Soeseno serta diterbitkan oleh Penebar Swadaya.
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/02/budidaya-tanaman-aren-tanpa-luak.html.

Seputar Cara Budidaya Tanaman Aren Tanpa Luak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Budidaya Tanaman Aren Tanpa Luak