Pembibitan Tanaman Dengan Pipa Paralon

- Maret 15, 2018

Pembibitan Tanaman Dengan Pipa Paralon

 

Pada biasanya petani melakukan penyemaian benih sayuran yang dengannya mempergunakan media tanah yng ditempatkan pada kantong plastik. Disaat bibit sayuran akan ditanam dilahan, tentu bibit serta media tanah Perlu dibuka dari plastik yng membungkusnya yang telah di sebutkan, tentu setiap musim tanam sayur penyemaian model mempergunakan plastik akan menghasilkan limbah yng cukup tidak sedikit.
Berikut ada tatacara praktis penyemaian yng tak berlimbah yakni yang dengannya mempergunakan pipa paralon menjadi wadah media semai. Paralon yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk media penyemaian benih sayuran, yakni pipa paralon berdiameter 3/4 dim yng dipotong-potong yang dengannya ukuran panjang + 5 cm.
Memotong pipa yang dengannya PVC Pipe Cutter
Tips penyemaiannya :
Pipa paralon ditata berdiri pada wadah berupa papan kayu ataupun nampan plastik menjadikan gampang dipindahkan.Lantas diisi media tanah yng sudah diberi pupuk pada media paralon yang telah di sebutkan serta diratakan mempergunakan bambu ataupun kayuSetelah seluruh pipa paralon terisi tanah, lantas disiram air. Supaya media tanah pada paralon tak berantakan, penyiraman di lakukan yang dengannya mempergunakan alat semprotan. Benih bisa ditanam pada media semai yang telah di sebutkan yang dengannya penanaman setiap paralon satu biji benih, bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah penanaman benih, kamu bisa mempergunakan pinset.
Pipa paralon 5 cm Penanaman benih tomat
bibit tomat umur 2 hari Bibit tomat berumur 4 hari
Pemindahan Bibit :
Bibit tanaman bisa dipindah seusai tanaman cukup kuat akan tetapi jangan terlalu lama di pesemaian yakni tidak lebih lebih umur bibit 15 - 25 HST (hari seusai tanam).Pengambilan bibit dari pipa paralon diawali yang dengannya membasahi berlebi dahulu media tanahnya, lantas pada bagian bawah disogok yang dengannya batang pohon ataupun bekas suntikan tinta layaknya membuat kue putu.Usahakan media tanah tak hancur, andai tanah hancur dikhawatirkan bisa merusak perakaran tanaman.Bibit bisa ditanam pada lahan ataupun pada media polybag yng sudah siap, pipa paralon bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyemaian selanjutnya.
Bekas suntikan tinta printer
Melepas bibit yang dengannya suntikan tinta
Batang kayu berdiameter < pipa
Melepas bibit yang dengannya batang kayusumber: http://www.saungtani.com/

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/05/pembibitan-tanaman-dengan-pipa-paralon.html.

Seputar Pembibitan Tanaman Dengan Pipa Paralon

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pembibitan Tanaman Dengan Pipa Paralon