Budidaya Tanaman Damar Sebagai Hutan Tanaman Produksi

- November 07, 2017

Budidaya Tanaman Damar Sebagai Hutan Tanaman Produksi

 
Tanaman damar mempunyai nilai ekonomis yng cukup tinggi. Tanaman ini terkenal menjadi penghasil damar ataupun resin kopal. Kini permintaan resin kopal damar telah mulai menurun meskipun jumlahnya pula banyak sekali. Untungnya, tanaman damar masih mempunyai potensi lain yakni menjadi tanaman hias, tanaman peneduh, serta pula tanaman penghasil kayu. Kayu damar kini sudah tidak sedikit dipakai di industri furniture serta bisa pula dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat kapal kecil. Oleh lantaran itulah, budidaya tanaman damar mempunyai potensi menjadi hutan tanaman produksi.
Budidaya Tanaman Damar

Penentuan Tempat
Tempat yng tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuhnya pohon damar merupakan area pada ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang tahun, serta mempunyai tanah yng subur.
Pembibitan
Pembibitan mampu di lakukan dari biji ataupun dari anakan yng berada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diutamakan lantaran kualitasnya lebih baik. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembibitan melalui biji, diharapkan biji tua mempunyai kualitas tinggi tanpa cacat. Biji disemai di dalam polibag berukuran ½ kilo yng telah diisi yang dengannya tanah yng subur serta diberi pupuk. Polibag Perlu disusun rapi dibawah naungan supaya media semai tak cepat kering serta benih mampu tumbuh yang dengannya cepat. Perawatan di lakukan yang dengannya penyiraman setiap sore serta pembersihan gulma secara teratur. Selain itu, butuh di lakukan seleksi bibit yng tak mampu tumbuh yang dengannya baik. Seusai berusia sekitar 1 tahun, bibit siap tanam.
Persiapan Lahan
Budidaya damar mampu di lakukan yang dengannya tatacara tumpang sari yang dengannya tanaman sela berupa tanaman pangan ataupun holtikultura. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk persiapan lahannya, butuh di lakukan pengolahan tanah yang dengannya pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.
Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. Oleh lantaran itu, Perlu dipersiapkan tanaman naungan yng cepat tumbuh. Umumnya dipakai akasia ataupun kemlanding menjadi tanaman naungan yang telah di sebutkan. Tanaman naungan ini cuma bersifat sementara sekitar 2 tahun. Seusai damar tumbuh besar, maka tanaman naungan ini bisa diganti yang dengannya tanaman sela semisal buah-buahan ataupun sayuran.
Penanaman
Penanaman di lakukan di awal musim hujan yng adalah tatkala baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi jaminan ketersediaan suplai air menjadikan bibit mampu tumbuh yang dengannya baik hingga pohon menjadi kuat. Dalam penanaman Perlu benar-benar dipilih bibit yng siap tanam yang dengannya kondisi yng baik. Penanaman Perlu di lakukan yang dengannya hati-hati supaya bibit tak rusak, lebih-lebih tatkala menyobek polibag supaya jangan hingga merusak akar pohon. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman tanaman sela, di lakukan sesuai yang dengannya kebutuhan tanam tanaman sela yng dipilih. Pemilihan tanaman sela Perlu di lakukan yang dengannya memperhatikan rotasi tanaman. System tumpang sari semisal ini akan memberikan manfaat lebih pada petani lantaran mampu memperoleh penghasilan dari tanaman sela selama menunggu tanaman damar siap panen.
Pemeliharaan
Pemeliharaan mendasar yng di lakukan merupakan penyulaman andai ada pohon yng mati serta penyiangan area lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman di lakukan di awal masa tanam sampai-sampai beberapa minggu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyiangan gulma, dasarnya memang cuma dibutuhkan hingga pohon damar tumbuh cukup besar serta telah tak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yng berada disekitarnya. Namun akan lebih baik andai penyiangan di lakukan lebih rutin supaya lantai hutan lebih bersih menjadikan akan lebih gampang dalam perawatan tanaman sela serta pula tatkala panen kelak.
Penggunaan tanaman sela umumnya tak terlalu lama, kisarannya merupakan umur 4 tahun. Selama masih ada tanaman sela, pohon damar tak butuh diberikan pupuk. Seusai tak ada tanaman sela, barulah diberikan pupuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi jaminan ketersediaan nutrisi serta pohon damar mampu tumbuh yang dengannya optimal.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.kebunbudidaya.com/2016/11/budidaya-tanaman-damar-sebagai-hutan.html.

Seputar Budidaya Tanaman Damar Sebagai Hutan Tanaman Produksi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Tanaman Damar Sebagai Hutan Tanaman Produksi