Budidaya Buah Manggis | Bertanam Manggis

- Februari 18, 2018

Budidaya Buah Manggis | Bertanam Manggis

 
Budidaya buah manggis ataupun menanam tanaman manggis telah tidak sedikit di lakukan oleh para petani Indonesia, apalagi pada masa saat ini tidak sedikit ahli yng menjumpai banyak sekali khasiat serta manfaat dari tanaman buah manggis bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan tubuh kita-kita, maka tak heran andaikan permintaan buah manggis makin hari makin meningkat.
Budidaya Manggis, Buah Manggis, cara menanam manggis, budidaya tanaman manggis, khasiat manggis, manfaat manggis, manfaat kulit manggis
Yang dengannya meningkatnya permintaan semisal itu secara otomatis kebutuhan akan buah manggis pasti meningkat, hal ini mampu menjadikan kesempatan bagi para petani, khususnya para petani buah - buahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berupaya membudidayakan buah manggis ini.
Di bawah ini akan dibahas secara singkat bagaimana langkah - langkah dalam melakukan budidaya buah manggis ataupun tips menanam tanaman manggis yng baik.

Syarat Tumbuh Buah Manggis

Tanah yng disukai tanaman manggis merupakan jenis tanah yng gembur yng kaya kandungan bahan organik yang dengannya drainase yng baik. Sebaliknya, tanaman manggis tak menyukai tanah yng bersifat basa serta rendah kesuburannya. Tanah bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman manggis Perlu senantiasa lembap, namun tak menggenang. Air tanah sedalam 2 m dari permukaan tnah cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman manggis.
Curah hujan yng merata yang dengannya sepuluh bulan basah dalam setahun amat disukai tanaman manggis. Sementara udara yng lembap yang dengannya suhu udara 25-32°C Amat menunjang pertumbuhannya. Pada masa awal pertubuhan, manggis menyukai naungan. Namun, menjelang dewasa, sinar matahari penuh apat mempercepat masa awal produksinya. Sejauh ini tanaman manggis yng produktif dijumpai pada ketinggian 5-500 m di atas permukaan laut.


Pemilihan Bibit Buah Manggis

Dalam menanam manggis, penggunaan bibit butuh hati-hati supaya kelak kita tak kecewa. Bibit menjadi cikal bakal tanaman mampu diibaratkan menjadi modal yng ditanamkan serta akan mampu dipetik hasil nya seusai tanaman berbuah.
Penggunaan bibit manggis unggul adalah satu dari sekian banyaknya factor yng menunjang kesuksesan penanaman manggis. Bibit manggis unggul nantinya akan menghasilkan buah yng mempunyai kualitas.Sifat buah manggis berbeda yang dengannya tanaman buah lain-lainnya, misalnya durian. Durian memiliki sifat menyerbuk silang menjadikan kalau bijinya ditanam, buah yng akan diperoleh akan lain dari induknya. Hal ini tak berlangsung pada manggis.
Pembentukkan buah manggis bersifat apomiksis. Pengertiannya, biji manggis berbentuk tanpa pembuahan.Bila diperhatikan, bunga manggis memiliki tangai tepung sari yng pendek serta kering menjadikan tak mampu berfungsi menjadi penyerbuk. Meskipun demikian, biji manggis akan terbentuk yang dengannya sendirinya lantaran adanya hormone endogen biji.
Ada petani yng beranggapan bahwasanya kalau menanam manggis, cukup menanamnya yang dengannya mempergunakan bibit dari biji. Toh kelak hasil nya akan persis percis yang dengannya induknya. Pendapat ini memanglah ada benarnya mengingat manggis bersifat aporniksis.
Namun, butuh diingat meskipun buahnya akan persis percis yang dengannya induknya, tanaman manggis asal biji baru akan berganti awal ataupun berbuah pertama kali seusai berumur sepuluh tahun ataupun lebih semenjak tanam. Sebaliknya, kalau kita menanam bibit vegetative, tanaman manggis akan berganti seusai berumur lima tahun seusai tanam. Bibit manggis yng ada tatkala ini terdiri dari bibit asal biji, sambungan, serta susunan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membedakkan macam-macam bibit yng ada ini, sebaiknya kita mengetahui cirri-cirinya.
  1. Bibit asal biji, cirri-cirinya merupakan batangnya tegak serta kekar. Batang tampak mulus, tidaka da bekas penyembuhan luka. Bibit asal biji baik dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk batang bawah dalam perbanyakan yang dengannya tips sambungan ataupun susunan.
  2. Bibit sambungan, cirri-cirinya merupakan adanya bekas penyembuhan luka yng umumnya berbentuk huruf V pada batas sambungan antara batang atas serta batang bawah.
  3. Bibit susuan, cirri-cirinya merupakan pertumbuhan batang atas seolah-olah bergandengan yang dengannya batang bawah. Pada sisi-kiri serta kanan batang bawah-tempat terjadinya penyusunaan yang dengannya batang atas akan tampak terperinci adanya penyembuhan luka.

Penanganan Bibit Manggis Sebelum Ditanam

Bibit yng baru dibeli sebaiknya janagn langsung ditanam. Suhu yng panas serta adanya goncanagn selama pengangkutan memicu bibit menjadi stress.oleh kareana itu, pemulihan kondisi iklim dilokasi yng baru belum tentu percis yang dengannya iklim ditempat asal bibit menjadikan butuh waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyesuaian yang dengannya lingkungan yng baru.
Bibit yng dikirim yang dengannya pengepakan segera dikeluarkan dari kemasannya yang dengannya hati-hati serta ditempatkan di tempat yng teduh, namun masih cukup mendapatkan sinar matahari (30%cahaya). Penyimpanan bibit diatur sedemikian rupa menjadikan antara daun bibit yng satu yang dengannya yng lain tak bersentuhan.Bila media dalam polybag kering, segera di lakukan penyiraman. Penyiraman selanjutnya mampu di lakukan setiap dua kali sehari.
Waktu yng diharapkan oleh bibit bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikuti keadaan yang dengannya lingkungan baru mampu bervariasi dari 2 minggu sampai-sampai beberapa bulan, bergantung dari kondisi kesegarannya. Ini mampu diamati dari adanya tanda-tanda pertumbuhan pada bibit yang telah di sebutkan.
Seusai bibit kelihatan segar, bibit mampu ditanam dikebun. Namun, bila waktu penanamannya masih lama, sebaiknya selain disiram bibit diberi pupuk daun. Bibit daun yng mampu dipergunakan antara lain Forest, supermes, ataupun algafer yang dengannya konsentrasi berbeda-beda sesuai petunjuk pada kemasannya. Larutan pupuk ini disemprotkan ka bagian bawah serta atas permukaan daun secara merata. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi pertumbuhan yng baik, pemupukan bisa di lakukan setiap minggu. Penyemprotan yang dengannya insektisida serta fungisida cuma di lakukan bila terdapat gejala serangan hama serta cendawan.

Persiapan Lahan

Lahan pertanian yng belum pernah ditanami palawija umumnya ditumbuhi semak berdaun lebar, alang-alang, ataupun rerumputan lain. Seluruh gulma (tumbuhan pengganggu) ini Perlu dibersihkan berlebi dahulu sebelum lahan diolah lebih lanjut. Seusai itu, tanah dicangkul serta akar-akar tanaman dikumpulkan, lantas dibakar. Pencangkulan butuh di lakukan agar bisa tanah menjadi gembur menjadikan perakaran tanaman manggis bisa berkembang yang dengannya baik. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lahan yng Amat luas, tidak lebih praktis andai seluruh lahan dicangkul. Disarankan pengolahan dibatasi pada titik-titik tertentu dimana bibit akan ditanam.

System Penanaman serta Pembuatan Lubang Tanam

Kegiatan selanjutnya merupakan membuat peta kebun yang dengannya memperhitungkan sisitem serta jarak tanam.Peta ini dijadikan patokan kerja bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan pengajiran, yakni pemberian ciri pada tempat yng akan ditanami. Ajir bisa dibuat dari bilah bamboo yng dicat merah menjadikan gampang terlihat dari jarak jauh.
Jarak tanam yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman manggis merupakan 10 x 10 m, sedangkan tanaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk pelindung-pisang-ditanam yang dengannya jarak 2,5 m diantara tanaman manggis.Lubang tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk manggis dibuat yang dengannya ukuran panjang, lebar, serta dalam masing-masing 75 cm. Pada waktu penggalian lubang tanam, di lakukan pemisahan tanah galian.
1/2 bagian tanah lapisan atas ditaruh di sebelah kiri lubang serta 1/2 bagian tanah lapisan bawah disebelah kanan lubang.Lubang lantas dibiarkan terangin-angin serta di kenai sinar matahari sekitar 2 minggu. Yang dengannya tips ini, gas beracun yng barangkali ada di sela-sela tanah mampu terbawa angin menjadikan bisa diganti yang dengannya oksigen dari udara.

Penanaman

Pemindahan bibit manggis dari persemaian ke lapangan memerlukan perhatian khusus. Mula-mula pada tempat yng ditancapi ajir dibuat lunag kecil yang dengannya ukuran tidak banyak lebih besar dari ukuran polibag bibit manggis yng akan ditanam. Bibit manggis yng telah disipakan lantas dikeluarkan dari polibag. Tatacaranya, polibag disobek ataupun disayat mulai dari tepi atas hingga ke dasar.
Bibit yang dengannya tanahnya lantas dimasukkan yang dengannya hati-hati ke dalam lubang tanam denagn posisi tegak lurus terhadap permukaan tanah. Hal pokok yng Perlu diperhatikan merupakan perakaran percis sekali tak boleh terganggu. Bila kat tunggang terputus ataupun bola tanah yng membungkus perakaran terbelah, dalam 3-4 hari tanaman akan terlihat layu. Umumnya tanaman yng telah layu tak bisa diselamatkan .Lambat laun tanaman akan mongering, lantas mati.
Sumber Buku: Pembibitan serta Pembudidayaan Manggis, Penerbit: Penebar Swadaya
Kamu pula bisa memebaca tulisan atau artikel sebelumnnya (klik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membacanya):
Manfaat Asam jawa bagi atau bisa juga dikatakan untuk kecantikan
Budidaya Ubi Jalar
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2014/03/Budidaya-Buah-Manggis-Cara-Menanam-Tanaman-Manggis.html.

Seputar Budidaya Buah Manggis | Bertanam Manggis

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Buah Manggis | Bertanam Manggis