Hama Dan Penyakit Tanaman Kapulaga

- Februari 18, 2018

Hama Dan Penyakit Tanaman Kapulaga

 
http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/hama-dan-penyakit-tanaman-kapulaga.htmlDasarnya memang pada tanaman kapulaga tak ataupun malah jarang ditemui kasus kasus yng mengganggu ataupun mematikan tanaman kapulaga. Yang dengannya kata lain, tingkat dan frekuensi serangan hama dan penyakit terhadap tanaman kapulaga relatif rendah. Akan tetapi demikian butuh diketahui beberapa hama dan penyakit dari tanaman ini menjadi upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil tindakan preventif.
Adapun hama dan penyakit yng Suka dijumpai dalam tanaman ini merupakan menjadi berikut:
Hama Tanaman Kapulaga
Hama merupakan organisme ataupun hewan yng dianggap merugikan dan tidak dimau-kan dalam kegiatan pertanian. Hama yng biasa menyerang tanaman kapulaga merupakan kutu, ulat pemakan daun, penggerek batang, penggerek buah dan kumbang pemakan daun.Kutu daun adalah serangga kecil yng hidup pada tanaman hias, pohon buah buahan, sayuran dan lain lain. Hama ini mempunyai tubuh lunak yang dengannya panjang sekitar 3mm. warna tubuh kutu daun bervariasi dari coklat, merah, hitam, hijau, ataupun kuning bergantung pada spesiesnya. Serangga ini menghisap getah tanaman lebih-lebih pada tunas yng baru tumbuh menjadikan memicu daun menggulung, layu, dan terhambatnya pertumbuhan tanaman. Kutu daun ini umumnya didapati dibawah daun ataupun pada bagian akar tanaman. Adapun tips pengendalian hama ini merupakan yang dengannya pemakaian insektisida alami ataupun yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan pretador alami menjadi pengendaliannya.
Ulat pemakan daun merupakan satu dari sekian banyaknya hama yng ada dalam tanaman kapulaga. Serangan hama ini ditandai yang dengannya lubang pada daun dan mengelompoknya daun tanaman. Hama ini bisa dikendalikan secara mekanis maupun secara kimiawi. Yang dengannya tips mekanis yaitu melakukan sanitasi kebun dan pemungutan hama secara manual ataupun bisa juga mempergunakan tips kimiawi yaitu mempergunakan insektisida yng berbahan aktif sipermetrin yang dengannya dosis 2 cc/liter.
Penggerek batang batang, buah dan akar
Adapun ciri ciri adanya penggerek yaitu gugurnya buah (penggerek buah), akar terputus putus, tanaman layu dan akar adventif tidak sedikit tumbuh diatas permukaan tanah (penggerek akar), Ranting mati, ada lubang gesekan (penggerek batang). Hama ini bisa ditangani yang dengannya pemberian insektisida sesuai dosis yng dianjurkan.Kumbang daun bisa menyerang pucuk daun, bunga, dan polong menjadikan menghasilkan tanaman mati. Hama ini bisa dikendalikan yang dengannya di lakukan penyemprotan insektisida.Penyakit tanaman
Penyakit tanaman adalah gangguan pada tanaman yng penyebabnya yaitu oleh mikroorganisme tanaman semisal virus, bakteri, protozoa, jamur dll. Adapun penyakit penyakit yng Suka menyerang tanaman kapulaga yaitu:
Penyakit Mozaik Pada kapulaga
Penyakit mozaik ini penyebabnya yaitu oleh virus dan ditularkan oleh sejenis kutu (Aphid) yakni Pentalonia nigronervosa. Penyakit ini menyerang pada setiap tingkat pertumbuhan tanaman. Kapulaga yng diserang mozaik mempunyai ciri yaitu daunnya bercak coklat hingga hitam dan pada akhirnya daun akan mengering. Penyakit mozaik ini cukup rawan menjadikan tips pengendaliannya yaitu butuh adanya pemusnahan tanaman yng sakit lantas disulam yang dengannya tanaman yng baru.
Penyakit busuk daun
Penyebab penyakit ini adalam jamur Phyllosticta sp yng menyerang pada bagian daun. Adapun gejalanya bisa dilihat yang dengannya adanya bercak bercak coklat hingga hitam. Selanjutnya bercak bercak ini akan makin merata dan daunnya menjadi layu. Penyakit ini umumnya menyerang persemaian ataupun pembibitan.
Penyakit busuk akar
Penyakit ini penyebabnya yaitu oleh jamur Cephalosporium sp, Phytium aphanidermatum dan Phytium vexans yng menyerang bagian akar. Gejala yng nampak merupakan bercak coklat pada akar. Penyerangan pada bagian akar ini mengganggu aktivitas penyerapan unsur hara dan akhirnya membuat akar menjadi busuk dan tanaman menjadi layu dan mati. Penyakit ini bisa ditangani yang dengannya pencabutan akar tanaman.
Penyakit yng penyebabnya yaitu Jamur
Banyak sekali penyakit yng penyebabnya yaitu oleh jamur secara kuratif bisa dikendalikan yang dengannya fungisida yng dianjurkan. Akan tetapi menjadi tindakan preventif butuh diusahakan supaya tempat tumbuh kapulaga tak tergenang air karena lingkungan yng terlalu tembab jutru merangsang tumbuhnya jamur.
Pelengkap Tulisan atau artikel perihal Kapulaga
  • Penanaman dan Pemeliharaan KAPULAGA
  • Penyebab Tanaman Kapulaga tak berbuah
  • Hama dan Penyakit Tanaman Kapulaga
  • Manfaat Tanaman Kapulaga
  • SYARAT TUMBUH TANAMAN KAPULAGA


Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/hama-dan-penyakit-tanaman-kapulaga.html.

Seputar Hama Dan Penyakit Tanaman Kapulaga

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Hama Dan Penyakit Tanaman Kapulaga