Informasi Tentang Burung Nuri Si Penghias Rumah Dan Taman

- Juli 23, 2017

Informasi Tentang Burung Nuri Si Penghias Rumah Dan Taman

 
Burung Nuri Pelangi, begitulah julukan yng barangkali mampu diberikan pada burung nuri ini. Hal ini lantaran seluruh warna pada pelangi terdapat pada bulu-bulunya yang dengannya pola serta komposisi yng Amat indah sekali.
Selain dikenal yang dengannya nama burung Nuri Pelangi, burung ini pula dikenal yang dengannya nama Kasturi Pelangi, Perkici Pelangi ataupun Rainbow Lorikeets . Sedangkan nama ilmiahnya merupakan Trichglossus haematodus.
Lihat pula burung-burung lain :
  • Burung Hama Namun mampu Bersuara Baik
  • Info Burung Poksai Jambul Putih
  • TENTANG BURUNG PARKIT DAN HABITATNYA
  • PANDUAN BURUNG CUCAK HIJAU (CUCAK IJO)

Burung ini adalah jenis paruh bengkok yng tidak sedikit dijumpai di Indonesia serta Australia. Yng menarik, meski burung ini tak bersuara merdu lantaran suaranya lebih mirip bunyi jeritan yng kencang serta berisik, akan tetapi tetap ada tidak sedikit yng menyukainya menjadi burung penghias rumah ataupun taman.

Nuri pelangi mempunyai panjang tubuh sekitar 25 – 30 cm, yang dengannya rentang sayap sekitar 17 cm.Bagian kepala berwarna biru yng tampak kontras yang dengannya paruhnya yng berwarna jingga ataupun lehernya yng kuning kehijauan.

Pada tubuh bagian atas berwarna hijau gelap. Sedangkan bagian dada berwarna merah, yang dengannya motif garis-garis biru kehitaman.

Tanda-ciri itu terdapat di burung Nuri Pelangi jenis jantan ataupun betina. Lantaran itu cukup sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk membedakan jenis kelaminnya.Yng menarik, burung ini salah satunya jenis burung yng setia pada pasangan. Selama pasangannya itu belum dipisah lantaran dijual ataupun mati, selama itu juga dia akan setia pada pasangannya serta tidak mampu ke lain hati.

Orang-orang Suka terlihat secara berpasangan, salah satunya tatkala terbang. Kalau ada burung sejenis yng memanggil, maka seekor ataupun sepasang Nuri pelangi akan bergabung. Umumnya dalam satu koloni terdapat 5-20 ekor.

Dalam melindungi daerahnya, ataupun tatkala mencari pakan, pasangan burung Nuri pelangi mempunyai perilaku Amat proaktif. Orang-orang Suka menyerang burung lain yng memasuki wilayah kekuasaannya.Tak peduli apakah burung pengganggu itu mempunyai ukuran tubuh lebih besar darinya.

Di Indonesia, Nuri pelangi tersebar di daerah timur Indonesia, mulai dari Sulawesi, Nusa Tenggara, serta seluruh wilayah Papua. Namun terkadang pula dijumpai di Jawa serta Bali. Burung ini senang tinggal di daerah hutan hujan serta daerah terbuka.

Orang-orang Suka terbang ke pucuk-pucuk pohon bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari buah-buahan, nektar, getah pohon, biji-bijian, serta serangga.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/12/informasi-tentang-burung-nuri-si.html.

Seputar Informasi Tentang Burung Nuri Si Penghias Rumah Dan Taman

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Informasi Tentang Burung Nuri Si Penghias Rumah Dan Taman