Sekilas Tentang Perkecambahan Biji Tanaman Karet

- Juli 24, 2017

Sekilas Tentang Perkecambahan Biji Tanaman Karet

 

Tips Melakukan Perkecambahan KaretBenih yng sudah diseleksi sebelum disemai sebaiknya dicuci berlebi dahulu yang dengannya air bersih. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan daya kecambah biji,bisa di lakukan perendaman biji yang dengannya larutan KNO3 0,2 % bahan aktip selama 24 jam ataupun yang dengannya air bersih selama 48 jam. Biji yng diterima pada hari bersamaan, bisa disemaikan ditempat yng percis. Biji didederkan pada media yng sudah disiapkan. Buatlah pada permukaan bedengan garis-garis lurus yang dengannya jarak tidak lebih lebih 5 cm. Ambilah biji / benih serta semaikan yang dengannya jalan menekan biji kedalam tanah. Bagian “perut” yng rata mengarah kebawah sedalam hingga ¾ bagian tebalnya biji. Bagian “punggung” disebelah atas masih kelihatan. Aturlah supaya arah mata tempat keluarnya lembaga mengarah kesatu arah. Jarak tanam antar barisan sekitar 5 cm serta jarak dalam barisan 2-3 cm. Bila jumlah benih yng akan dikecambahkan tidak sedikit, penanaman biji pada bedengan persemaian pengecambahan bisa lebih rapat.
a) Pemeliharaan persemaian perkecambahanPersemaian perkecambahan Perlu dipelihara yang dengannya baik supaya benih bisa berkecambah yang dengannya baik juga.Pemeliharaan persemaian perkecambahan yng terpenting merupakan penyiraman. Penyiraman Perlu di lakukan pagi serta sore hari supaya bedengan selalu dalam keadaan lembab. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyiraman persemaian Perlu mempergunakan alat penyiraman yng bisa mengeluarkan butiran- butiran air yng halus serta menyebar, misalnya gembor ataupun emprat.
b) Pemeriksaandan pemindahan kecambahBenih karet akan berkecambah dalam jangka waktu 5 – 30 hari. Biji yng tak berkecambah sesudah 21 hari sebaiknya disingkirkan, lantaran kualitas bibit akan tidak bagus. Benih-benih yng tak sehat (bercendawan, berlubang ataupun diserang hama/penyakit) Perlu dibuang.Seusai benih berkecambah, benih bisa dipindahkan ke persemaian.
Dikenal ada tiga jenis stadium kecambah yakni
  • Stadium bintang
  • Stadium pancing
  • Stadium jarum
Secara teori ketiga stadia yang telah di sebutkan bisa dipindahkan ke persemaian, akan tetapi yng paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipindahkan merupakan stadium pancing. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah pemindahan kecambah dari bedengan pengecambahan bisa mempergunakan ‘’solet’’, yakni alat yng di buat dari bambu yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencungkil kecambah dari bedengan.
Bila kecambah dipindah ke pesemaian pada stadium bintang kelemahannya merupakan:
  • Perkembangan akar belum cukup kuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menembus lahan yng agak keras.
  • Bakal batang belum muncul, menjadikan bila menutupnya kecambah terlalu padat, bakal batang
  • susah menembus tanah.

Sedangkan andai kecambah dipindahkan ke lapangan pada stadium jarum kelemahannya merupakan :
  • Lebih peka terhadap cahaya matahari.
  • Lebih peka terhadap serangga.
  • Akar serta batang lebih tidak sedikit mengalami kerusakan waktu pencabutan serta pengangkutan.


Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/09/sekilas-tentang-perkecambahan-biji.html.

Seputar Sekilas Tentang Perkecambahan Biji Tanaman Karet

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sekilas Tentang Perkecambahan Biji Tanaman Karet