Budidaya Teh Dan Cara Menanam Teh

- Agustus 01, 2017

Budidaya Teh Dan Cara Menanam Teh

 
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penanaman teh yng cukup tidak sedikit, dalam artian kita ingin membudidayakannya teh yang dengannya tujuan komersil, maka kita sebelumnya Perlu mengetahu ihwal karakter tanaman yng satu ini, agar bisa dalam proses budidaya teh ataupun menanam teh tak berlangsung kesalahan yng patal yng menghasilkan kerugian.
Ada beberapa hal yng bisa menunjang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaksimalkan budidaya teh ataupun menanam teh ini, semisal iklim, tanah, pembibitan, penanaman, hama dan penyakit, pemeliharaan, pemetikan, pengolahan dan ada beberapa hal lain yng bisa memaksimalkan budidaya teh ini.
Di postingan di artikel ini, kita akan membahas secara singkat hal yng terpentingnya saja, bagaimana tatacara budidaya teh ataupun tatacara menanam teh yng baik agar bisa hasil nya memperoleh hasil yng maksimal. Hal-hal yng cukup penting diperhatikan yakni:

Iklim

Pohon teh meskipun bisa ditanam di dataran rendah hal ini tidak lebih baik dibanding tanaman teh yng ditanam di dataran tinggi. Lantaran pohon teh Amat butuh curah hujan yng cukup tinggi, yakni, rata-rata per tahunnya 2000 mm – 2500 mm, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk musim kemarau berkisar 100 mm.
Meskipun pohon teh Amat baik ditanam di dataran tinggi namun butuh diketahui, andaikan pohon teh ditanam didataran yng terlalu tinggi maka hasil nya tidak lebih maksimal, pertumbuhannya akan terhambat (lambat). Jadi bagi atau bisa juga dikatakan untuk ketinggian usahakan pada posisi 800 – 1100 m dpl. Jangan hingga melebihi 1200 m dpl. Temperature yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman teh yakni berkisar 14° - 25°C.

budidaya teh, cara menanam ten, cara budidaya tehTanah

Factor tanah dalam pertumbuhan tanaman teh percis halnya yang dengannya tanaman lain, yakni sesuatu yng Amat penting, lantaran itu sifat tanah Perlu yng subur, gembur, bisa meresap air hingga dalam, dan sirkulasi air lancar.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh media tanam semisal itu kita Perlu memperhatikan hal-hal menjadi berikut:
  1. Mengadakan terasering pada tanah yng cukup curam.
  2. Padatanah yng tak terlalu curam mampu ditanam jenis-jinis pupuk hijau berderet rapat pendapat dari tranche diantara deretan tanaman poko.
  3. Membuat rorak-rorak yang dengannya maksud agar bisa air yng mengalir di permukaan tanah bisa ditampung dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk selanjutnya melalui rorak itu masuk ke dalam tanah. Yang dengannya demikian maka air yng mengalir di dalam tanah tidak akan menghasilkan erosi.
  4. Lantas penanaman pohon jenis leguminosa yng berbentuk pohon bisa juga memperbaiki phisik dari tanah. Lantaran pohon ini perakarannya bisa menembus kedalam tanah hingga jauh.

Pembibitan

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit teh yng baik, kita mampu mendapatkannya dari perkebunan-perkebunan pemerintah maupun dari para petani teh. Akan tetapi mampu pula kita bibitkan sendiri yang dengannya tatacara membiarkan tanaman yeh hidup yang dengannya rimbun tanpa dipoyong, nantinya akan mengeluarkan biji yng mampu kitaambil bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembibitan.
Biji-biji teh Perlu disortir sebelum dijadikan bibit, umumnya biji yng tidak bagus semisal biji bekas diserang kepik biji yang dengannya tanda permukaan biji berbintik-bintik yang dengannya warna coklat muda, dan keadaan biji yng sudah lapuk ataupun busuk lantaran diserang jamur ataupun lantaran bekas luka-luka.

Bedengan Teh

Penanaman biji yng sudah retak dibedengan Perlu berjarak 4 x 4 cm, penanaman yang dengannya jarak itu bertujuan agar bisa akar dari bibit teh tak melengkung. Cara penanamannya : biji ditanam menghadap kebawah. Pemberian pasir yng agak tebal yang dengannya maksud supaya akar-akar bisa tumbuh yang dengannya baik dan menyusun. Sesudah akarnya tumbuh 3 hingga 5 cm, maka kecambah itu lantas kita pindahkan ke persemaian.
Persemaian
Sebelum bibit ditanam dikebun kita tanam berlebi dahulu di persemaian, umumnya jarak tanam bibit dipersemaian 15 x 20 cm ataupun 20 x 20 cm, andaikan bedengan mempunyai lebar 100 cm maka bedengan yang telah di sebutkan cukup 4 baris.
Cara Penanaman Di Kebun
  1. Buat lobang yang dengannya ukuran 50 x 60 x 60 cm, tanah lapisan bawah dan lapisan atas dijauhkan. Lobang yang telah di sebutkan kita gali bukannyya di anjir, namun diantara anjir satu dan yng lain-lainnya, yang dengannya demikian anjir masih berada ditempat masing-masing.
  2. Menggali lobang yng sudah dianjiri berlebi dahulu, bila tanah yng akan dilobangi itu sudah diberi ciri, sesudah itu baru anjirnya disingkirkan, namun sewaktu akan menanami lobang itu, kembali kita Perlu mengajiri lagi agar bisa penanamannya bisa lurus.
  3. Penggalian lobang tiap kali melangkah 1 anjir, tempat anjir yng dilangkahi sementara tak dilobangi dan lantas lobang itu ditanami, bagi atau bisa juga dikatakan untuk meluruskan barisan-barisan tanaman itu gampang dikerjakan lantaran sebagian dari anjir masih ada.

Bibit yng suddah siap lantas ditanam di tempat bekas anjir. Sesudah masuk timbun kembali bibit yang dengannya tanah bekas bongkaran kedalam lobang lagi, lantas tanah ditekan-tekan agar bisa memadat.
Jarak tanam dari setiap perkebunan berbeda-beda, akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk idealnya kita ambil jarak tanam yang dengannya ukuran menjadi berikut : 120 x 150 cm, 130 x 140 cm, ataupun 125 x 125 cm. karena yang dengannya penanaman jarang semisal itu maka pohon teh akan lebih kuat lagi menahan serangan musim kemarau yng agak panjang.
Jumlah tanaman yng mempergunakan jarak tanam semisal itu umumnya 5.000 – 6000 batang/ha. Andaikan mempergunakan jarak rapat 10.000 – 12.000 batang/ha.
Pemeliharaan
Tanaman yng telah kita tanam Perlu dipelihara agar bisa bisa tumbuh yang dengannya optimal.Ccara-cara yang telah di sebutkan dibagi menjadi tiga bagian:
  1. Pemeliharaan terhadap pohon teh itu sendiri
  2. Pemeliharaan terhdap pohon pelindung
  3. Pemeliharaan tanah
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemeliharaan pada poho teh kita bagi menjadi 3 langkah:
  1. Pemangkasan pada pohon-pohon teh dan perawatan luka-luka bekas pangkasan.
  2. Pengambilan hasil ataupun tatacara memetiknya sampai-sampai memperoleh hasil yng sebanyak-banyaknya tanmpa memberi pengaruh keadaan dan kondisi pohon itu sendiri.
  3. Melindungi pohon teh agar bisa tak terserang penyakit ataupun hama. Andaikan ada yng terserang segera berantas ataupun obati.

Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/02/budidaya-teh-dan-cara-menanam-teh.html.

Seputar Budidaya Teh Dan Cara Menanam Teh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Teh Dan Cara Menanam Teh