Budidaya Tanaman Hias Bunga Mawar

- Desember 07, 2017

Budidaya Tanaman Hias Bunga Mawar

 

Budidaya tanaman bunga mawar ini Perlu memperhatikan jenis – jenis bunga mawar berlebi dahulu sebelum budidayakannya.
Syarat Pertumbuhan
  • Curah hujan baik 1500 – 3000 mm/ tahunnya.
  • Sinar matahari cukup baik.
  • Suhu lingkungan normal 18-26 derajat serta kelembapan 70-80 %.
  • Media tanah tidak sedikit memiliki kandungan organik serta subur.
  • Mempunyai derajat keasaman tanah pH 5-7.
  • Pembibitan Bunga Mawar
a. Persyaratan Benih
Benih yng akan di tanam Perlu memenuhi persyaratan supaya pertumbuhan bunga mawar bisa tumbuh yang dengannya baik serta optimal. Benih yng mempunyai kualitas berasal dari indukan mempunyai kualitas, pertumbuhan cepat, biji tak abnormal serta pula tak dalam terserang hama serta penyakit.
b. Persiapan Benih
Persiapan benih yang dengannya biji bisa di lakukan dua tatacara antara lain :
  • Pemilihan buah : lakukan pemilihan buah dari tanaman bunga mawar yng mempunyai kualitas, serta lakukan pemetikan buah mawar yng telah matang.
  • perlakukan after ripenening : lakukan persiapan media persemaian yang dengannya media tanah subur serta humus, lantas masukan medi kedalam media persemaian, siram medi sampai-sampai basah, tanamkan buah mawar satu persatu yang dengannya kedalaman 0.5-1.0 cm. Diamkan beberapa hari supaya biji keluar serta mengeluapas dari bijinya.
c. Pemeliharaan Benih
pemeliharaan benih Amat gampang kamu tinggal melakukan penyiraman yang dengannya teratur, pemupukan yang dengannya baik, melindungi media tetap subur serta gembur serta melakukan pemindahan benih yng telah mempunyai beberapa helai daun ke media lain-lainnya. Akan tetapi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemindahan benih bunga mawar ini bisa di lakukan sekitar 22 bulan ke lahan tau kebun.Pengelolahan Media Tanam
Sebelum penanaman bunga mawar bisa di lakukan berlebi dahulu pengelolahan media tanam yng baik. Dalam Budidaya bunga mawar bisa di lakukan 2 tatacara yakni yang dengannya media kebun serta pula media pot ataupun polibag.
a. Media Tanam Lahan Ataupun Kebun
Media kebun ataupun lahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya mawar bisa di lakukan yang dengannya tatacara antara lain :Membersihkan lahan ataupun kebu berlebi dahulu yang dengannya cangkul serta pula lain-lainnya.Seusai itu, lakukan pengalian supaya tanah gembur serta subur. Dan mencampurkan pupuk sangkar ataupun pupuk kimia lain-lainnya sampai-sampai merata.Tanah yng di gemburkan yang dengannya kedalam 30-40 cm malah lebih, diamkan 2-3 minggu.Lantas pembuatan beedengan yang dengannya lebar 100 – 120 cm, tinggi 30 cm cm, yang dengannya jarak antara bedengan 30 – 40 cm, serta panjang bergantung lahan ataupun kebun.Lantas pemberian pupuk kembali yakni pupuk organik serta pupuk anorganik, kedalam lubang tanam sekitar 1-2 kg perlubangnya. Lantas siap tanam benih.
b. Media Tanam Polibag ataupun Pot
media polibag ataupun pot budidaya mawar bisa di lakukan yang dengannya tatacara antara lain :
  • Menyiapkan media tanah yng subur, gembur serta tidak sedikit memiliki kandungan bahan organik.
  • Lantas, lakukan pencampuran yang dengannya pupuk organik tanaman.
  • Lantas siapkan media polibag ataupun pot yang dengannya ukuran yng tengah 2-3 kg.
  • Lakukan pengisian media tanah kedalam pot ataupun polibag sampai-sampai penuh, serta buat lubang tanam 1 – 2 cm.
  • Serta lakukan penyiraman media tanam sampai-sampai basah, serta siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk di lakukan penanaman.
Penanaman Bunga Mawar
Penanaman bunga mawar ini bisa di lakukan yang dengannya tatacara yakni mencongkel akar yang dengannya hati-hati tanpa merusaknya serta melakukan pemindahan kelahan ataupun polibag yng telah di sediakan. Lantas lakukan penimbunan yang dengannya tanan sisa yng telah di kasih pupuk ataupun gembur. Serta siram sampai-sampai basah.
BACA JUGA
TUMBUHAN YANG DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI OBAT SAKIT MATA

Pemeliharan Bunga Mawar
Pemeliharan bunga mawar bisa di lakukan yang dengannya yang dengannya tatacara penyiangan, pemupukan, penyiraman serta pengendalian hama serta penyakit.
Penyiangan di lakukan yang dengannya tatacara membersihkan lahan ataupun kebun secara teratur dari tanaman lair lain-lainnya. Pemupukan ini bisa di lakukan mempergunakan pupuk organik serta pupuk oraganik yng di lakukan 3-4 minggu sekali malah lebih. Penyiraman tanaman bunga mawar bisa di lakukan dua kali sehari, bila musim hujan lakukan pengurangan penyiraman.
Pengendalian hama serta penyakit ini Perlu melakukan pemeliharaan yng maksimum, supaya tanaman tak terserang oleh hama serta penyakit yang dengannya gampang. Hama yng Suka menyerang tanaman mawar kutu daun, kumbang, tungau, thrips, nemotoda serta lain-lainnya. Pengendalian hama tanaman bunga mawar ini bisa di lakukan yang dengannya tatacara penyemprotan insektisida sesuai dosis. Sedangkan penyakit yng Suka menyerang bunga mawar yakni bercak daun , karat daun, tepung mildew serta lain-lainnya. Pengendalian bisa di lakukan yang dengannya tatacara penyemprotan yang dengannya fungisida, belerang serta bahan aktif Pirazifos.
Pemanenan Bunga Mawar
Pemanenan bunga mawar bergantung yang dengannya pertumbuhan serta perkembangannya dan pula varietesnya. Akan tetapi, secara biasanya bunga mawar bisa di panen 4 – 5 bulan sesudah masa penanaman berlangsung. Pemanenan bunga mawar bisa di lakukan yang dengannya tatacara mengunting bagian tangkai bunga yang dengannya hati – hati, lantas lakukan pengemasan ataupun penyimpanan yang dengannya media lain-lainnya supaya bunga mawar tak gampang layu serta mati.SUMBER :

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2017/04/budidaya-tanaman-bunga-mawar-ini-harus.html.

Seputar Budidaya Tanaman Hias Bunga Mawar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Tanaman Hias Bunga Mawar