Manfaat Ubi Jalar

- Februari 26, 2018

Manfaat Ubi Jalar

 
Sebelum kita membahas beberapa Manfaat Ubi Jalar kita lihat berlebi dahulu tanaman ubi jalar ini, hal ini cukup penting bagi kita yng ingin berupaya bercocok tanam ataupun budidaya ubi jalar ini.
Manfaat Ubi Jalar, manfaat daun ubi jalar, manfaat ubi jalar ungu, khasiat ubi jalarBercocok tanam ubi jalar adalah bisnis tani pada bagian palawija yng paling menguntungkan dibandingkan denagn bercocok tanam jenis tanaman lain. Hal ini di dasari dari biaya pengolahan tanah yng tak memerlukan tidak sedikit ongkos.
Lahan tak butuh diolah yang dengannya tips lebih rumit. Tak tidak sedikit memerlukan pupuk, menjadikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemupukan tak butuh mengeluarkan tidak sedikit biaya. Sedangkan hasil umbinya mempunyai nilai jual yng tinggi.
Dari ubi jalar diperoleh manfaat yng ramai sekali. Dari daun hingga pada hasil umbinya bisa dmanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan keluarga serta indrustri.
Dalam lingkungan keluarga umbinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimakan, baik menjadi makanan sampingan, ataupun menjadi makanan pokok semisal pada masarakat Papua. Daunnya yng masih muda bisa dibuat sayur bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelengkapan menu makanan. Daun yng tua bisa dijadikan menjadi bahan makanan ternak, misalnya kambing, kerbau ataupun sapi.
Di lain pihak, umbi dari ubi jalar ini dijadikan menjadi bahan baku indrustri saus ataupun indrustrin sirop. Dalam skala kecil, tatkala ini sudah merebak indrustri keluarga yng berbahan baku umbi ubi jalar. Misalnya pembuatan kripik ubi, penganan timus, perkedel umbi ataupun jenis jajanan lain-lainnya.
Umbi ubi jalar pula bisa dibuat tepung. Dari tepung ini bisa dibudidayakan menjadi bahan baku indrustri makanan ternak. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahan baku indrustri makanan ringan ataupun snack kering.
Pendapat dari hasil penelitian yng pernah dibaca penulis, bahwasanya ubi jalar yng mempunyai kandungan karbohidrat tinggi yng diproses melalui teknologi fermentasi bisa diolah menjadi ethanol. Pendapat dari penelitian, bahwasanya setiap 6 kg ubi jalar bisa menghasilkan 1 liter ethanol. Ethanol adalah satu dari sekian banyaknya jenis bahan baku utama alcohol.
Alkohol bisa dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan kebugaran atau kesehatan ataupun bahan bakar mesin kendaraan beroda empat.Denagn demikian bercocok tanam ubi jalar sebetulnya mempunyai prospek yng tidak jelek alias bagus, baik dalam segi persediaan makanan ataupun dalam segi kepentingan indrustri bahan bakar mesin.Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu, budi daya tanaman ubi jalar Perlu kembali digalakkan demi kepentingan petani ataupun dunia indrustri.
Ubi jalar sebagao satu dari sekian banyaknya jenis palawija adalah suaru komoditas yng tak sepopuler jenis palawija lain-lainnya. Akan tetapi Amat penting bagi petani, lantaran beberapa keunggulan yng dimiliki oleh ubi jalar ini.
Keunggulan itu dikarenakan tanamn ini Amat gampang serta murah bagi atau bisa juga dikatakan untuk diibudidayakan, tak gampang terserang penyakit serta hama, penghasil karbohidrat yng tinggi, hasil produksinya cukup tidak sedikit, umur tanaman cukup pendek, pada lahan kering ataupun tegalan bisa bertanam serta panen 3 kali, tidak sedikit memiliki kandungan vitamin A, tidak sedikit memiliki kandungan zat gula, pula memiliki kandungan lemak. Daunnya pula bisa dimanfaatkan menjadi sayuran serta makanan ternak yng memiliki kandungan vitamin A juga.
Di Indonesia tanaman yng berasal dari Amerika Latin ini serta temukan oleh rombongan Columbus dalam pelayarannya ke “India Barat” ini biasanya dipakai menjadi bahan makanan sampingan dalam bentuk segar.
Akan tetapi di beberapa daerah di Papua serta Maluku, ubi jalar dipakai menjadi bahan makanan pokok. Pada bagian indrustri, penggunaannya Amat dibatasi lantaran kadar tepung agak rendah dibandingkan yang dengannya singkong.
Di Negara-negara maju, ubi jalar dijadikan menjadi makanan pokok menjadi alternatif kentang. Ubi jalar ini diolah menjadi makanan yng beraneka ragam semisal butiran-butiran yng dikemas dalam kaleng,. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanan bayi, sirop, serta manisan. Selain bahan makanan, ubi jalar dipakai juga menjadi bahan baku makanan ternak serta bahan baku indrustri ethanol ataupun alkohol.
Saat ini ini, ubi jalar menjadi penting di beberapa Negara belahan benua Amerika serta Benua Asia dan beberapa Negara di Pasifik, lantaran manfaatnya yng besar yang telah di sebutkan. Oleh lantaran itu, telah saatnya para petani mulai menggarap kembali budidaya ubi jalar, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju prospek indrustri semisal di Negara-negara maju.
Demikian buku ini disusun serta diterbitkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk member motivasi bagi para petani bagi atau bisa juga dikatakan untuk kembali membudidayakan ubi jalar. Selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk kepentingan petani sendiri, pula bisa dikembangkan kea rah indrustri keluarga serta indrustri berskala menjadikan keuntungan yng didapat makin meningkat sejalan yang dengannya perkembangan indrustri makanan ringan.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Ubi_jalar


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/11/manfaat-ubi-jalar.html.

Seputar Manfaat Ubi Jalar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Ubi Jalar